FOLLOW ME I WILL FOLLOW YOU BACK

Sabtu, 26 Februari 2011

7 Kebohongan Terbesar Berita di Internet !

Jim Graham, pendiri situs HoaxBusters.org yang melacak dan mengungkapkan berbagai hoax internet mengatakan "cerita-cerita ini dapat menyebabkan kepanikan dan stres pada penerimanya," lanjutnya "dalam dunia bisnis, mereka dapat menyebabkan turunnya produktivitas individu, menghabiskan bandwidth jaringan dan menyebabkan masalah keamanan yang serius." Terlebih lagi katanya "bagi seorang spammer, alamat-alamat email yang diteruskan adalah bagaikan emas bagi mereka."

Batas antara cerita bohong dan penipuan semakin lama semakin tipis. Terkadang para penyerang memanfaatkan momentum di mana terjadinya sesuatu yang heboh di dunia nyata untuk menyebar hoax, menurut penjelasan Zulfikar Ramzan, direktur teknis di Symantec yang melacak berbagai penipuan online terhadap konsumen. "Yang sering terjadi adalah ketika seseorang menyebar hoax, sambil menyisipkan koding berbahaya di dalamnya," kata Zulfikar.

Bill Austin dari VirusHoaxBusters.com memberikan contohnya; hoax yang mengatakan untuk jangan membuka sebuah email dengan judul "An E-Card for you" karena akan membuat PC penerima crash, sebenarnya justru email inilah yang mengandung malware sesungguhnya yang kemudian terus disebarkan oleh banyak pengguna email lain. "Dalam kasus ini, cerita bohong telah menjadi mekanisme untuk sebuah penipuan," katanya. Dan inilah 7 cerita bohong terhebat di internet:

7. Bigfoot Berhasil Ditangkap!

Agustus lalu sekelompok pemburu Bigfoot muncul di internet dan mengklaim bahwa mereka menemukan mayat Sasquatch di hutan bagian Utara Georgia. Situs kelompok pemburu ini langsung kebanjiran pengunjung sehingga menjadi offline. Keingin-tahuan orang di seluruh dunia untuk melihat foto dari makhluk ini dimanfaatkan, tetapi pada akhirnya kelompok tersebut menyatakan bahwa mereka telah menjadi korban dari sebuah hoax, karena ternyata yang mereka temukan hanyalah kostum dari bahan karet.

6. Snowball, Kucing Mutan Raksasa Dari Ontario

Foto dari seorang pria yang sedang menggendong seekor kucing raksasa pertama kali muncul di internet pada tahun 2000. Emailnya menceritakan bagaimana si pemilik menemukan Snowball ketika masih kecil 15 tahun lalu di dekat sebuah pembangkit nuklir di Ontario.

Kucing raksasa


Cerita bohong populer lain yang masuk kategori sama, yaitu tentang binatang, muncul di sekitar tahun 2001-2002 yang menampilkan foto seekor hiu putih menyerang seorang tentara yang sedang naik ke helikopter. Cerita bohong populer lain lagi adalah tentang laba-laba bokong (butt spiders) yang beredar sekitar tahun 1999. Email bohongnya mengatakan bahwa Laba-laba ini bersembunyi dibawah dudukan toilet dan gigtannya dapat menyebabkan kematian.

5. Turis Terakhir

Sebulan setelah peristiwa 11 September, sebuah foto yang beredar di internet memperlihatkan sebuah foto seorang turis yang sedang berwisata di atas World Trade Center pada saat salah satu pesawat yang dipiloti teroris menabrak gedung tersebut (kejadian 9-11).

Dalam waktu singkat cerita ini terbongkar kebohongannya — salah satu alasannya adalah karena dalam foto tersebut sang turis membelakangi wilayah Manhattan di New York, turis tersebut pastilah sedang berdiri di menara Utara World Trade Center, sedangkan menara tersebut tidak memiliki balkon.

Turis terakhir

4. Virus "Good Times"

Ini adalah salah satu contoh paling populer dari apa yang disebut sebagai "virus hoax" yang memberi peringatan tentang bahaya dari suatu malware yang dapat merusak PC pengguna secara permanen. Pada tahun 1994 tersebar email yang berisi peringatan bahwa malware ini dikabarkan dikirimkan melalui email berjudul Good Times yang apabila dibuka akan merusak hard drive dan hal berbahaya lainnya.

Virus "Good Times" yang disinggung dalam peringatan tersebut sebenarnya tidak ada, tetapi email peringatan tersebutlah yang memiliki karakter seperti virus.

3. Bill Gates Membagikan Hartanya

Cerita bohong ini mulai beredar pada awal 2001 yang mengklaim bahwa Bill Gates dari Microsoft sedang melakukan pengujian beta pada software baru dan akan mengirimkan uang ke semua orang yang meneruskan email tersebut ke orang lain. Bahkan setelah 8 tahun cerita bohong ini masih terus beredar dan masih saja ada orang yang percaya kebohongannya.

2. Petisi untuk Menghentikan Siaran Religius

Petisi ini adalah salah satu rumor paling populer di internet. Emailnya mulai beredar pada tahun 1996, isinya mengatakan bahwa Madalyn Murray O'Hair, seorang ateis yang kontroversial berhasil memaksa Supreme Court untuk melarang sekolah-sekolah umum untuk melakukan doa harian, kini sedang mencoba lagi untuk melarang televisi menyiarkan semua acara religius. Pembaca email diminta untuk menuliskan nama mereka dan meneruskan email tersebut sebanyak-banyaknya untuk mencegah larangan ini terwujud.

1. Selamatkan Amanda Bundy

Email berantai ini telah beredar di internet sejak tahun 1997 dan dikategorikan sebagai "sympathy hoax" yaitu cerita bohong yang mendorong rasa simpati pembacanya. Pada kasus ini Amanda Bundy memang benar menderita kanker, dan pada saat itu memang seorang teman dari keluarganya mengirimkan pesan ini untuk meminta dukungan moral, tetapi pesan ini semakin tersebar luas tanpa dapat dihentikan.

Versi lain dari kategori ini menampilkan seorang anak kecil yang menderita kanker dan meminta pembaca untuk meneruskan email tersebut ke semua orang yang mereka tahu, mengklaim bahwa American Cancer Society bersedia menjadi sponsor untuk membantu anak tersebut dengan menyumbangkan sejumlah uang untuk setiap email yang diteruskan. American Cancer Society bahkan terpaksa membuat sebuah halaman web untuk menyangkal rumor internet ini. Nama-nama yang digunakan antara lain adalahJessica Mydek, Rachel Arlington dan Craig Shergold. (informationweek)

0 komentar:

Posting Komentar